KA’AB AL AHBAR ( SEORANG YAHUDI DARI KALANGAN TABI’IN YANG MASUK ISLAM)

Oleh : KH. MUJABUL MAROM

(Tuban, 26 Agustus 2021 || Ngaji Rutin Malam Jum’at Kliwon)

Suatu ketika kaab al ahbar mengkaji kitab taurat bersama ayahnya. Sebelum khatam, ternyata tertinggal satu bab, karena oleh ayahnya yang satu bab tersebut disobek dan disimpan di dalam kotak. Sebab, menurut ayahnya jikalau bab tersebut diajarkan kepada anaknya, maka anaknya bakal pergi meninggalkannya dan masuk islam.

Kaab pun penasaran, Ketika ayahnya sudah meninggal, kemudian kaab al ahbar pun membukanya, dan ternyata satu bab yang tidak diajarkan oleh ayahnya tersebut adalah bab yang menerangkan tentang nabi akhiruzzaman.

Yang mana di bab tersebut diterangkan secara detail akan ada nabi akhir zaman yang lahirnya di kota makah, yang kemudian hijrah ke madinah, dan pusat kekuasaannya di daerah Syam. Kaab al ahbar pun kaget, dan kemudian mencarinya. Di bab tersebut juga menerangkan bahwa nanti terdapat sahabat nabi yang memiliki perilaku diterangkan secara detail di kitab taurat, termasuk kematiannya.

Lalu, kaab al ahbar pun mencari sahabat nabi yang memiliki perilaku yang diterangkan di kitab taurat tersebut, di cari terus hingga bertemu dengan sayyidina Umar.

“Lho, orang ini kok seperti yang diterangkan di kitab taurat, perilakunya dll, berarti orang ini 3 hari kemudian akan wafat”. (Ucap kaab)

Akhirnya kaab pun ingin membuktikan dan berkata kepada Sayyidina Umar “wahai Umar, kamu 3 hari lagi akan wafat”

Umar pun kaget dan menjawab “Lho… Saya tidak percaya, kamu tau darimana ?” (Tanya Umar)

Kaab pun menjawab ” Saya tau dari kitab Taurat dan akan membuktikannya, bahwa di dalam kitab Taurat diterangkan bahwa ada sahabat nabi akhir zaman yang mempunyai perilaku persis seperti kamu, dan akan meninggal 3 hari lagi, kemudian di dalam kitab tersebut juga diterangkan pula bahwa umat nabi akhir zaman sholatnya berbaris rapat seperti orang yang mau perang. Dan perilaku sahabat nabi akhir zaman tersebut mirip sekali dan mengarah kepadamu wahai Umar”.

Kemudian di hari kedua Kaab bertemu lagi dengan Umar dan berkata lagi “Wahai Umar, besok kamu akan wafat”

Umar pun masih tidak percaya, karena keadaanya pun sehat, dan baik baik saja.

Dan akhirnya di hari ke tiga, pada saat Sayyidina Umar hendak melakukan sholat subuh berjamaah di Masjid, beliau ditikam oleh orang munafik yang mana sayyidina Umar pun wafat di hari ketiga tersebut

.

Singkat cerita, kemudian Kaab al Ahbar masuk Islam pada masa kekhalifahan sayyidina Utsman.

(Penulis : Kang Mued)

HISSAM CREW
Media Center PP. Hidayatus Salaam

Satu tanggapan untuk “KA’AB AL AHBAR ( SEORANG YAHUDI DARI KALANGAN TABI’IN YANG MASUK ISLAM)

  • 29 Agustus 2021 pada 11:49 pm
    Permalink

    Alhamdulillah masih bisa menambah ilmu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 | kangsiroj