PUASALAH, KAMU AKAN SEHAT


img-20220427-wa0035

Bismillahirohmanirrohim


Ibadah puasa termasuk Salah Satu Rukun Islam ibadah ini bersifat abstrak , karena ibadah tersebut hanya Allah dan Si Pelaku ibadah saja yang Mengetahui. Berbeda dengan ibadah sholat yang pqling tidak si makmum mengetahui gerak geriknya imam atau orang yang mengetahui Sholatnya ataupun ibadah berupa mengeluarkan zakat paling tidak si pemerima zakat mengetahuinya. belum lagi ibadah haji bisa bisa malah satu desa mengetahui kalau dia berangkat ke tanah suci. Maka dari itu di katakan di dalam Hadist Qudsi yang artinya” Puasa itu Untukku Dan Akulah yang Akan Membalasnya”

Para Pembaca yang Budiman……
Puasa dalam sebagian literatur yang Penulis Kutip dari Kitab Maqosidussoum karangan Sulthonul Ulama’ Asy Syekh Imam Izzudin Bin Abdissalam yang mengakatan Bahwa Ada Berbagai macam Tujuan Puasa ( مقاصد الصوم) di antaranya :

Di Angkatnya Derajat Bagi Seseorang yang berpuasa, Karenakan ketika bulan Romadhon di bukalah pintu surga dan di tutup pintu neraka serta syaitan- Syaitan di belenggu.

Maksud dari di bukanya pintu Itu adalah memperbanyak Ketaatan yang menyebabkan terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka adalah bagi seorang yang berpuasa agar meminimalisir kemaksiatan yang menyebabkan pintu neraka tertutup. Syaitan di belenggu maksutnya adalah si Syaitan sudah tidak bisa menggoda orang yang berpuasa dikarenakan syaitan tidak mengharapkan mereka untuk bermaksiat lagi. Yang Kedua tujuan Puasa Romadhon adalah di hapuskannya kesalahan hal ini sesusai dengan sabda baginda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi Romadhon ini dengan Romadhon yang lainya Menjadi Penghapus Dosa Di Antara Keduanya apabila menghindari Dosa Besar.

Tujuan Selanjutnya Puasa bisa Menghilangkan Syahwat . sifat Lapar dan Dahaga itu Bisa menghilangkan Syahwat . Berdasarkan dengan Hadist nabi yang Mengatakan bahwasanya : “Wahai Para Pemuda jika Kalian Mampu Memberi Nafkah Maka Menikahlah Karena itu Menahan Pandangan, Menjaga Kemaluan. Namun Jika kalian tidak mampu Maka Berpuasalah karena itu Bisa menjadi Perisai. Dalam hadist lain di katakan Sesungguhnya Syaitan itu mengalir dalam darahnya Manusia maka Aturlah Aliran Darahmu dengan Rasa Lapar.

Tujuan Selanjutnya apabila seseorang Berpuasa yaitu Memperbanyak Shodaqoh. jika Seseorang Dalam Keadaan Lapar dia mempunyai Empati terhadal Saudaranya yang Lapar , dan ia Termotivasi untuk memberikan makan kepada Temannya/saudaranya layaknya ” Hanya Orang yang Memiliki Cintalah yang bisa merasakan Cinta.

Di Ceritakan bahwa Nabi Sulaiman atau Nabi Yusuf tidak Akan Makan Sebelum karyawannya Makan terlebih dahulu. Lalu beliau di tanya Mengapa Tuan tidak Makan Terlebih dahulu ? Beliau Menjawab “Aku Hawatir lupa Terhadap Karyawanku apabila Aku dalam Keadaan Kenyang.”

Faedah Puasa selanjutnya Menyempurnaakan Ketaatan. Karena Orang yang Berpuasa mengingat rasa lapar di Dunia yang Seperti ini apalagi di neraka yang tentu akan lebih lebih rasanya serta Rasa hausnya Ahli Neraka. Maka ini menjadikan motivasi agar memberbanyak ketaatan agar selamat dari api neraka.

Bersyukur terhadap Sang Kholiq termasuk Faedah Puasa yang Selanjutnya. Jika dia Berpuasa dia tau nikmat yang di berikan Allah ketika Kenyang . Menjadikan dia Semakin bersyukur kepada Allah . Sesuai Dengan maqolah yang artinya” Orang yang selalu ingat terhadap nikmat maka membuat kuat imannya.” Karena nikmat tidak akan di ketahui sebelum nikmat itu hilang.

Faedah selanjutunya Tercegah dari Perilaku Maksiat dan Sesuatu yang tersesat dari Syariat. Apabila nafsu dalam keadaan kenyang maka potensi untuk melakukan maksiat sangatlah tinggi serta melakukan penyelewengan Syariat. Apabila nafsu itu merasa lapar dan dahaga maka konsentrasi hanya makan dan minum serta menyibukkan diri memikirkan terhadap makanan dan minuman itu lebih baik dari pada melakukan perbuatan maksiat . Dari ungkapan di atas ulama Salaf Mendahulukan Puasa dari pada Ibadah Yang Lain. Di Karenakan Puasa itu Merebut nafsu Makanan dan minuman dari pada mengarahkan nafsu terhadap maksiat kepada allah karena Kenyang.

Banyak sekali Faedah Puasa yang Lain seperti Sehatnya Hati dan Rohani Sesuai Dengan Hadist Puasalah maka Kamu akan Sehat.

Demikian untaian yang bisa kami kutip mudah mudahan Seluruh ibadah Kita di Bulan Romadhon Khususnya Puasa kita di Terima Oleh Allah SWT.

Wassalamu’alaikum

(Penulis : Ust. Mahrus Aly)

HISSAM CREW
Media Center PP. Hidayatus Salaam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 | kangsiroj